penelitian tindakan kelas

  Latar Belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah sikap kurang bergairah, kurang aktif, kelas kurang berpusat pada siswa, dan kadang-kadang ada yang bermain-main sendiri di dalam kelas menjadi masalah yang dihadapi SMP Negeri 2 Kaliwungu khususnya untuk mata pelajaran fisika menyebabkan hasil belajar siswa rendah.

Permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah bagaimana aktifitas siswa dan hasil belajar fisika serta respon siswa pada pokok bahasan Besaran dan Satuan melalui model pembelajaran dengan Peta Konsep di kelas VII-F SMP Negeri 2 Kaliwungu. Dan tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan aktifitas siswa, mengetahui hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran di kelas VII-F SMP Negeri 2 Kaliwungu.

Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) masalah ini dicoba untuk diatasi dengan model pembelajaran dengan Metode Peta Konsep. PTK dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-F semester 1 SMP Negeri 2 Kaliwungu yang berjumlah 40 siswa. Data diperoleh melalui observasi, pemberian tes uji kompetensi, dan penyebaran angket. Kemudian dianalisilis secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktifitas siswa meningkat dalam berkelompok, mengerjakan tugas-tugas, berfikir bersama, dan menjawab soal - soal. Hasil belajar siswa meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan positif. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran dengan metode peta konsep siklus I dan siklus II, disimpulkan bahwa dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada pokok bahasan Besaran dan Satuan di SMP Negeri 2 Kaliwungu dalam kegiatan pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika pada pokok bahasan Besaran dan Satuan.

 Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkah dan rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang diberi judul “efektivitas upaya penerapan Metode Tanya Jawab dengan variasi media pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKn (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 CADASARI dalam bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara)”                                 
Tujuan penyusunan laporan PTK SMP ini adalah untuk memberikan informasi beberapa temuan yang telah diperoleh sehingga dapat dijadikan bahan kajian rekan-rekan guru dalam menyampaikan bahan pelajaran PKn, khususnya dalam materi “Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara”.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan  terima kasih kepada berbagai pihak yang telah turut aktif dalam pelaksanaan PTK dan dalam penyusunan laporan ini. Semoga kebaikannya dapat diterima sebagai amal kebaikan di sisi Allah SWT.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

Write a comment

Comments: 0